Posted by: munifchatib | September 27, 2012

Semangat Para Pengajar Muda Program Indonesia Mengajar

KEMBALI MELATIH PENGAJAR MUDA ANGKATAN 5

By Munif Chatib

Rasa lelah hilang ketika melihat 53 pengajar muda angkatan 5 sangat kreatif dan energik. Saya masuk kembali ke ‘camp’ di Jatiluhur Purwakarta untuk melatih mereka. Dua bulan mereka mendapat pelatihan dari berbagai sumber, kemudian mereka harus mengabdi ke sekolah dasar di pelosok-pelosok tanah air. Banyak yang kondisi daerahnya sangat keras. Tak ada listrik, tak sinyal HP. Ada juga yang kondisi masyarakatnya belum mendukung pendidikan anak-anaknya. Lebih baik anaknya membantu orangtuanya ke laut, ke hutan atau turun ke sawah.

Saya bersyukur kehadirat Allah SWT dipercaya oleh Indonesia Mengajar untuk melatih anak-anak muda yang  hebat ini mulai dari angkatan 1. Kali ini saya konsentrasi pada materi paradigma pendidikan, bahwa setiap anak itu adalah BINTANG. Lalu saya fokus ke strategi mengajar. Saya yakin pengajar muda akan membutuhkan kemampuan pedagogik pada saat mereka mengajar di sekolah-sekolah terpencil. Pengajar muda harus kreatif menggunakan apapun yang ada di sana untuk mendukung proses belajar. Apalagi dari 53 pengajar muda, hanya 5 orang yang mempunyai background pendidikan keguruan. Meskipun saya tidak kaget akan hal ini, seperti biasanya juga begitu.

Bahagianya ketika anak-anak muda ini dengan  mudahnya menyerap materi-materi pelatihan dari saya. Mereka sangat kreatif, menjadikan suasana pelatihan sangat menyenangkan. Sungguh seharian tidak terasa lelah saya berdiri dan meloncat-loncat menemani mereka.

Ayo pengajar muda, singsingkan lengan. Tak banyak cakap, banyak bekerja memberi inspirasai buat anak bangsa negeri ini. Anak-anak di pelosok Indonesia hari ini hanya butuh inspirasi dari kalian. Hanya butuh penguatan bahwa mereka bisa jadi BINTANG. Bintangnya negeri ini. Menjadi manusia yang mempunyai harga diri dan karakter untuk kemajuan negerinya. Sukses buat pengajar muda angkatan 5. Selamat menorehkan sejarah. Selamat menjadi GURUNYA MANUSIA.

Terima kasih Pak Anies Baswedan, penggagas Indonesia Mengajar dan sahabat-sahabat di manajemen Indonesia Mengajar. Terus berkarya.

Jatiluhur, 20 September 2012

 

 

 


Categories

