Posted by: munifchatib | September 24, 2012

Semangat Para Pengajar Muda program Indonesia Mengajar

SEKOLAHNYA MANUSIA DARI TOKYO KE PASER KALTIM

By Munif Chatib

Hanya istirahat 4 jam, begitu mendarat di Juanda Surabaya, langsung terbang lagi ke Sepinggan Balikpapan, menuju Kabupaten Paser kalimantan Timur. Mengunjungi 10 Pengajar Muda program Indonesia Mengajar yang dimotori oleh Anies Baswedan, Ph.d. Mereka mengadakan pelatihan para kepala sekolah dan guru, bekerja sama dengan diknas kabupaten Paser. Kami merancang acara pelatihan tersebut agar menjadi pelatihan yang tak terlupakan seumur hidup. Melihat kerja keras anak-anak muda ini, saya tambah yakin Indonesia BISA MAJU. Indonesia BISA CERDAS.

Jujur setelah berkeliling ke beberapa sekolah di Tokyo, pulang ke Indonesi ada beban yang bergayut di dada, apa bisa ya Indonesia sehebat Jepang. Ternyata jawabnya langsung diberikan oleh Allah SWT kepada saya begitu saya masuk Paser. Ya Indonesia pasti bisa, jika semangat guru-gurunya menjadi gurunya manusia ada dalam setiap dada semua guru. Seperti para pengajar muda angkatan 3. Mereka membujktikan bahwa ketika mengajar dengan hati, memandang setiap siswanya bintang, maka setiap anak akan jadi juara di bidang masing-masing. Terbukti satu tahun masa pengabdian mereka, sudah bermunculan para bintang.

Ada Aisyah, saintis cilik dari sungai Tuak, siswa kelas 2 SDN 15 Tanah Grogot, masuk babak final Olimpiade Sains Kuark 2012 di Jakarta. Ada Armansyah, siswa kelas 5 SDN 18 Tanah Grogot menjadi 10 pemenang di Kalbe Junior Scientists Award 2012 di Singapura. Karyanya berjudul PERMAINAN MEMBANGUN PIRAMIDA BERWARNA, yang terinspirasi dari sarang seekor laba-laba. Saya bersamaan dengan Armansyah ketika menuju Paser. Dia baru pulang dari Singapura. Tak henti-hentinya saya bertanya tentang pengalamannya yang dahsyat sampai ke Singapura.

Ada Rizal, jagoan IT dari Muara Telake. Siswa kelas 5 SDN Longkali ini mewakili desanya pada lomba Pembuatan Presentasi Power Point dalam rangka memperingati Hari Pendidikan nasional yang diselenggarakan oleh PGRI Kabupaten Paser. Ada Jaiz, bintang tenis meja masa depan. Siswa kelas 6 berhasil mendapat medali perak pada PORESENI 2012. Hebat kan! Mungkin kalau saya teruskan, artikel ini akan bengkak menjadi puluhan halaman.

Dan hal yang penting adalah dampak dari dua hari pelatihan kepala sekolah dan guru di Paser. Mereka diminta merencanakan program kerja untuk satu tahun ke depan. Lihat beberapa hasilnya yang sempat tercatat oleh Vivin di twiternya, salah satu pengajar muda 3 di Paser:

Para peserta, dari Bupati sampai guru bertekad untuk melakukan revolusi pendidikan di tanah Paser. Wow dahsyatkan!. Mereka siap membuka diri untuk menjadikan semua sekolah di Paser menjadi Sekolahnya Manusia. Semua peserta dalam dua hari berusaha memaksimalkan potensi diri mereka dan pulang siap untuk memantik potensi siswanya agar semua anak menjadi BINTANG di bidang masing-masing. Mereka siap untuk memajukan sekolahnya. Ada yang mengusulkan mulai ada ekstrakulilkuker oleh raga dayung di sekolah daerah pesisir. Ada yang mau memanfaatkan dana BOS untuk pengadaan perahu Ketinting bagi guru dan siswa daerah terpencil. Dan yang tidak kalah penting melihat pengawas, UPTD, kepala sekolah dan guru pulang dengan senyum puas.

Akhirnya, saya setuju dengan kalimat yang di tulis Anies baswedan dalam prolog buku Indonesia Mengajar 2.

“Pengajar Muda ini memang bukan pahlawan, dan label-label itu bukan urusan mereka. Urusan kita adalah turun tangan atau lipat tangan. Mereka pilih turun tangan. Mereka pilih kemuliaan. Mereka tak banyak cakap, mereka tinggalkan banyak urusan, dan mereka terlibat langsung di berbagai penjuru tanah air. Ya, anda semua, anak muda Indonesia dan seluruh bangsa Indonesia memiliki kode genetik sederhana bernama: BERJUANG”

Terima kasih Pak Anies sudah memberikan kesempatan saya untuk melatih anak-anak muda yang hebat ini sampai angkatan ke 5. Terima kasih Bupati Paser kaltim, Kepala Diknas Paser, pengawas, UPTD, kepala sekolah dan para guru di tanah Paser. Majulah pendidikan Indonesia.

Paser, 15-16 September 2012


Categories

%d bloggers like this: