Posted by: munifchatib | September 19, 2012

Melihat Toilet Siswa SMP Swasta di Tokyo

MELIHAT TOILET SISWA DI SEKOLAH MUSASHINO  JYOSHI GAKUEN TOKYO

Go to Tokyo, April 2012

By Munif Chatib

Dalam beberapa kesempatan pelatihan guru, saya sering mengatakan jika ingin melihat baik tidaknya manajemen sebuah sekolah, sebenarnya mudah. Masuklah ke toilet siswanya. Jika bersih, maka identik dengan manajemen sekolah itu sampai level atas. Sebaliknya jika kotor dan berbau, maka biasanya manajemen sekolah tersebut juga amburadul. Saling tumpang tindih antara kewenangan dan tugas pada setiap struktur sekolahnya.

Pada saat berkesempatan studi banding di Sekolah Musashino  Jyoshi Gakuen, sebuah SMP Swasta di Tokyo, saya membuktikan konsep itu. Sekolah ini adalah sekolah yang berbasis agama Budha. Setelah kepala sekolahnya berkenalan dengan menyampaikan secara singkat profile sekolah tersebut, kami di ajak berkeliling. Langsung saya mencari toilet siswanya. Ada 4 lantai yang harus kami telusuri.  Setiap lantai ada toilet siswa. Dan ketika saya masuk mengamatinya. Wow! betapa bersihnya. Saya berhasil mengambil gambarnya. Dan benar juga dari pagi sampai siang, hampir setiap sudut sekolahnya telah kami jelajahi. Membuktikan manajemen sekolah yang baik, jumlah kami 35 orang yang mereka bagi menjadi 4 kelompok.  Semua pertanyaan terutama tentang manajemen dan kurikulum saya tanyakan. Sempat saya tanyakan tentang bersihnya toilet siswa.

Seorang guru yang mengantar saya, mengatakan:

“Di sekolah ini, karena berbasis agama, maka kebersihan toilet harus menjadi prioritas. Ruang kerja kami biasa-biasa saja, namun toilet kami harus luar biasa. Dan kami tidak banyak menggunakan office boy untuk membersikannya sebab semua siswa sudah dilatih menggunakan dan menjaga kebersihan toiletnya. Semua siswa harus bertanggung jawab terhadap kebersihan sekolah, terutama toilet.”  Saya hanya menghela nafas panjang mendengan tuturnya. Bagaimana dengan sekolah kita?

Tokyo, 9 September 2012


Categories

