Posted by: munifchatib | September 4, 2012

Senangnya berkesempatan melakukan workshop di Tulangan,Sidoarjo

KEPEDULIAN TERHADAP ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

By Munif Chatib

Baru kali ini saya melakukan workshop di kecamatan Tulangan Sidoarjo. Promotornya adalah Pak Misbah, Camat Tulangan dan dan istrinya Bu Yuli. Pak Misbah adalah teman saya di SMA Negeri Sidoarjo, kami berdua lulus tahun 1987. Mereka bedua mempunyai kepedulian terhadap pendidikan anak usia dini di Tulangan. Saya diminta untuk mengulas lebih dalam tentang SIAPA SIH ANAK USIA DINI? Dan juga makhluk bernama MULTIPLE INTELLIGENCES. Sungguh bagagia rasanya dapat berbagi dengan sekitar 250 guru-guru PAUD dan TK di Tulangan. Bertempat di Gedung Pertemuan Pabrik Gula Tulangan, workshop tanggal 1 September 2012, mulai pukul 09.00 sampai 15.00 WIB cukup sukses.

Yang menarik adalah, hampir semua pertanyaan para guru adalah bagaimana mengatasi anak berkebutuhan khusus yang ada di sekolah. Saya melihat paradigma para guru TK dan PAUD di Tulangan sungguh positif terhadap keberadaan dan nasib pendidikan anak-anak berkebutuhan khusus.

Saya sangat antusias menjelaskan bahwa sekolah masa depan adalah sekolah inklusi, yaitu sekolah menerima semua siswanya tanpa perbedaan. Sekolah yang menerima siswa pandai, baik, nakal, bodoh dan siswa yang mempunyai hambatan fisik, otak dan hambatan psikologis. Pokoknya manusia, mempunyai hak untuk sekolah dan mengenyam pendidikan.

Dan pada akhir sesi, para guru memberikan tantangan kepada saya untuk bertemu lagi dengan tema workshop yang langsung bersentuhan dengan anak berkebutuhan khusus.

Terima kasih saya ucapkan kepada bapak camat Tulangan dan Ibu, kepada Kepala UPTD dinas Pendidikan dan Pengawas Kecamatan Tulangan, Pimpinan Pabrik Gula Tulangan dan panitia penyelenggara. Semoga terus menjadi orang-orang yang cinta pendidikan dan terus berkiprah demi majunya pendidikan Indonesia.

Tulangan, 1 September 2012


Categories

%d bloggers like this: