Posted by: munifchatib | September 4, 2012

Semangat baru kembali bertemu Guru-Guru SMP&SD di Surabaya

REVOLUSI PENGAJARAN SEMANGAT GURU-GURU NEGERI DI SURABAYA

By Munif Chatib

Kembali bertemu sekitar 3.000 lebih guru-guru jenjang SMP dan SD di seluruh Surabaya, seperti mendapat semangat baru setelah merayakan lebaran idul fitri kemarin. Bertempat di Gedung Wanita Candra Kencana, Jl Kalibokor Surabaya. Pada tanggal 30 dan 31 Agustus 2012, saya kembali berbagi membuka paradigma tentang ‘Siapa sih sosok GURUNYA MANUSIA’.

Menariknya, saya kehadiran bintang-bintang tamu yang luar biasa hebat, yaitu para pengajar muda angkatan ke-1 dan ke-2. Mereka memberikan testemoni bagaimana mengajar dan mengabdi di sekolah-sekolah terpencil dan minim fasilitas di seantero pelosok tanah air. Ada Wildan, Furry, Nia, Citra, Ratu dan Asril. Saya mengucapkan terima kasih atas ‘berbagi semangat’ mengajar kepada guru-guru negeri di Surabaya.

Pada hari kedua, saya kedatangan bintang tamu yang juga hebat. Sahabat-sahabat saya, 3 orang guru dari SDN Gebang 2 Sidoarjo hadir untuk memberikan testemoninya. Terima kasih bu Sumini, Pak Adib, dan Pak Ikhwal. Semoga tantangan mengajar di SDN Gebang 2 Sidoarjo mampu memberi inspirasi kepada semua guru-guru seantero Indonesia.

Pada akhir sesi, seorang guru yang antusias mengikuti seminar ini, meskipun duduk di kursi roda menghampiri saya. Beliau mengatakan sebuah pernyataan dengan sungguh-sungguh.

“Pak Munif, kalau kita para guru ingin berhasil, maka saat ini yang dibutuhkan adalah REVOLUSI PENGAJARAN, bukan hanya REVOLUSI PENDIDIKAN.”

Wow, Revolusi Pengajaran? Frase ini terus terngiang-ngiang dalam benak saya. Semoga pada level dua nanti, kita akan bertemu dalam wilayah workshop REVOLUSI PENGAJARAN.

Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Ihsan, kepala dinas pendidikan kota Surabaya yang luar biasa, Pak Yusuf, Pak Andi dan Bu Retno. Anda semua adalah pilot dan kru yang mengajak semua guru di Surabaya untuk lepas landas menuju kebangkitan kualitas pendidikan Indonesia.

Surabaya, 31 Agustus 2012


Categories

%d bloggers like this: