Posted by: munifchatib | June 27, 2012

Alhamdulillah Akhirnya Dapat Berkunjung Di Islamic Global School Balikpapan

This slideshow requires JavaScript.

AKU YANG SALAH, BUKAN ANAKKU

By Munif Chatib

Alhamdulillah akhirnya dapat berkunjung di Islamic Global School di Balikpapan, pada Sabtu 16 Juni 2012, pukul 09.00 – 15.00, di Gedung Graha Bintang. Pesertanya adalah para orangtua dan para guru. Saya hanya berbagi informasi tentang bagaimana orangtua yang sering berbuat tidak adil kepada anak-anaknya. Kebanyakan orangtua menginginkan anaknya seperti dirinya. Dan parahnya, selalu menganggap pilihan atau keinginan sang anak selalu salah. Lalu untuk membentuk anak agar seperti orangtuanya, dibangunlah sejumlah aturan-aturan ketat, tugas-tugas berat, agar anaknya berhasil menjadi sosok ayahnya atau ibunya.

Dalam forum itu, saya munculkan akibat nyata yang dialami anak yang ‘terpaksa’ menjadi seperti orangtuanya. Betapa banyak, pada masa dewasanya dan mengemban sebuah profesi, anak tersebut menjadi ‘biasa-biasa’ saja. Mempunyai profesi, namun tidak profesional. Pada profeinya, tidak mampu membuat karya dan tidak mampu menyelesaikan masalah.

Lalu ketika seminar berakhir, datang seorang ayah. Hampir menangis dan bilang kepada saya.

“Pak Munf, terima kasih. Saya sangat beruntung hadir di sini. Jujur, saya adalah ayah yang seperti Pak Munif sebutkan. Menginginkan anak seperti saya. Padahal saya tahu persis, anakku tidak suka menjadi ‘saya’. Anakku tertekan, namun tetap saya paksa. Pulang dari acara ini, yang segera saya lakukan adalah minta maaf kepada anak saya. Saya yang salah, bukan anakku. Dan saya biarkan dia menjadi dirinya sendiri. Terima kasih Pak Munif”.

Bahagia rasanya jika saya bertemu dengan makhluk-makhluk yang sadar. Saya yang mestinya harus berterima kasih kepada ayah tersebut. Beliau memberi inspirasi kepada saya, yaitu kita sebagai orangtua harus siap mengubah paradigma kita tentang anak kita dan tidak malu-malu meminta maaf kepada anak kita, jika kita merasa telah berbuat salah.

Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Sugi, ketua yayasan Islamic Global School, para kepala sekolah, sahabat-sahabat guru dan semua orangtua. Sukses untuk Islamic Global Shcool menjadi SEKOLAHNYA MANUSIA.

Balikpapan, 16 Juni 2012


Categories

%d bloggers like this: