Posted by: munifchatib | June 26, 2012

Semangat Guru-Guru Negeri Di Surabaya Menjadi “Gurunya Manusia”

This slideshow requires JavaScript.

GURU-GURU NEGERI DI SURABAYA SIAP MENJADI GURUNYA MANUSIA

By Munif Chatib

 

Kata siapa GURU NEGERI terjebak paradigma konvensional tentang pendidikan dan pengajaran kepada siswa-siswanya. Surabaya membuktikan, sekitar 4.500 guru sekolah negeri SMA, SMK, SMP dan SD sepakat bahwa setiap siswanya adalah BINTANG. Setiap siswanya mempunyai kemampuan seluas samudera dan sekolah harus memfasilitasi bakat setiap anak pada seminar BAHAGIANYA MENJADI GURUNYA MANUSIA pada tanggal 11 – 15 Juni 2012, mulai pukul 08.00 sampai 16.00 di Gedung Wanita Candra Kencana, Jl Kalibokor Surabaya. Memang membutuhkan energi yang besar untuk menyampaikan paradigma gurunya manusia. Betapa tidak, setiap sesi saya harus berhadapan dengan sekitar 750 guru. Wow, pengalaman yang tak terlupakan.

Bahagianya hati ini, ketika pekerjaan besar ini mulai menuai hasil. Saya mendapat sms dari seorang guru:

“Berkat bimbingan bapak, suasana rapat pleno jadi lebih menyenangkan. Bapak ibu guru berusaha menyelamatkan anak-anak yang bermasalah. Tidak berusaha menyembelih anak-anak bermasalah. Sepertinya guru-guru di SMKN 5 Surabaya mulai menyadari bahwa semua siswa kami adalah BINTANG.”

Terima kasih saya ucapkan kepada Pak Ihsan, kepala dinas pendidikan kota Surabaya yang luar biasa, Pak Yusuf, Pak Andi dan Bu Retno. Jujur anda semua yang menyebabkan ribuan guru bertekad menjadi agent of change. Sukses untuk pendidikan Surabaya.

Surabaya, 15 Juni 2012


Categories

%d bloggers like this: