Posted by: munifchatib | May 21, 2012

Perhatikan RASA SUKA Anak

PENTING! PERHATIKAN RASA SUKA ANAK ANDA

By Munif Chatib

RASA SUKA anak terhadap sesuatu atau aktivitas tertentu, ternyata tidak dapat dipandang enteng. Sebab dari RASA SUKA inilah yang merupakan embrio dari BAKAT anak. BAKAT anak itu dapat diketahui sejak kecil, tidak harus pada saat dewasa. Hal ini dapat mudah terlihat jika lingkungan anak tersebut sangat memperhatikan RASA SUKA dari sang anak. Lingkungan tersebut adalah orangtua di rumah atau gurudi sekolahnya. Jika dua pihak yang penting ini selalu mendukung, melakukan pendekatan positif, dan membina RASA SUKA anak, maka RASA SUKA itu akan muncul menjadi BAKAT. Memang tidak semua RASA SUKA dapat menjadi BAKAT. Terkadang RASA SUKA tersebut hanya ikut-ikutan belaka. Ada beberapa ciri-ciri RASA SUKA anak kita merupakan BAKAT-nya. Yaitu jika dari RASA SUKA anak tersebut kemudian melahirkan produk. Contoh jika anak kita suka main piano, lalu pada waktu tertentu, anak kita mampu memainkan sebuah komposisi piano yang indah, maka RASA SUKA main piano tersebut kemungkinan besar adlah BAKAT. Kedua, jika RASA SUKA anak tersebut dihadapkan pada RUMAH AKADEMIS, seperti sekolah atau kursus, maka anak tersebut menjadi FAST LEARNER atau Pembelajar Cepat, maka RASA SUKA itu adalah BAKATnya. Contoh, jika anak kita suka main piano, lalu mengikuti kursus piano. Apabila anak kita dengan senang dan ‘enjoy’ mengikuti pelajaran-pelajaran di kursus tersebut, maka main piano adalah BAKATnya. Sebaliknya, jika anak tersebut pusing dengan materi-materi pelajaran kursus piano dan tidak bersemangat mengikutinya, maka main piano itu bukan BAKATnya. Mungkin hanya RASA SUKA sekedarnya.

Lalu apa pentingnya setelah kita mengetahui BAKAT anak kita? Jika BAKAT tersebut terus dibina dan jenjang pendidikan yang dilalui sang anak sesuai dengan BAKATnya, maka anak kita nantinya akan mempunyai PROFESI yang PROFESIONAL. Ciri-ciri profesi yang profesional adalah mampu menghasilkan karya dalam profesinya dan mampu menyelesaikan masalah dalam profesinya.

Ayo temukan BAKAT anak kita dengan memperhatikan RASA SUKA anak kita setiap hari. Janganlah kita sering menghentikan RASA SUKA anak kita terhadap aktivitas tertentu. Orangtua harus mempunyai pemikiran yang positif tentang RASA SUKA anaknya, sebab RASA SUKA adalah embrio BAKAT.


Categories

%d bloggers like this: