Posted by: munifchatib | June 1, 2011

RAPOR-NYA MANUSIA DI PELATIHAN MI LEVEL INTERMEDIATE By Munif Chatib

RAPOR-NYA MANUSIA DI  PELATIHAN MI LEVEL INTERMEDIATE

By Munif Chatib

Betapa pusing pekerjaan 6 bulanan dan 12 bulanan yang selalu hadir, yaitu membuat rapor siswa. Ada  guru yang mengatakan “Ini olah raga jari”. Ada yang meninggalkan keluarganya untuk kerja lembur mengisi rapor sampai subuh. Begitu akan dicetak, waduh tinta habis atau printernya rusak. Dan betapa banyak pagi harinya waktu pembagian rapor para wali kelas sambil ngantuk-ngantuk memberi penjelasan kepada setiap orangtua yang hadir mengambil rapor. Biasanya sampai jam 12.00 siang baru pekerjaan itu selesai. Besoknya banyak guru yang sakit.

Saya mengamati siklus pekerjaan ini terus menerus terjadi di setiap semester di setiap sekolah di Indonesia. Pertanyaannya apa memang harus sesibuk itu membuat rapor? Kejadian yang menyesakkan dada adalah rapor yang tebalnya seperti skripsi dan dibuat oleh para guru dengan kucuran keringat dan derai air mata, begitu sampai ke orangtua ternyuata banyak yang tidak dibaca. Orangtua juga gak salah. Mereka bilang siapa yang mau baca rapor setebal skripsi, mana sempat.

Lalu sebenarnya bagaimana siklus menerbitkan rapor siswa tersebut? Ikuti pelatihan guru multiple intelligences level intermediate pada:

Hari / Tanggal                     : Jumat-Ahad / 3 – 5 Juni 2011

Waktu                                   : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat                                                : Aula LP3K Raflesia

Alamat                                  : Jalan Mahkota Raya no. 32B, Komp. Pondok Duta I, Cimanggis-Depok

Contact person                 : Herdin Nurdin, 081 38045 9503

M.Ma’mun, 081 38352 3273

Aan Nurjanah, 081 31533 2406

 


Categories

%d bloggers like this: