Posted by: munifchatib | June 1, 2011

PROYEK KA’BAH, MENARIK KA’BAH KE RUMAH KITA – UMROH BY MULTIPLE INTELLIGENCES By Munif Chatib

 

 

Tahukah anda, apa arti Ka’bah? Ka’bah berarti kubus, karena bentuk Ka’bah adalah kubus. Lalu apa yang istimewa dari sebuah kubus? Coba perhatikan, kalau kita buat diagonal ruang dalam kubus, maka semua diagonal ruangnya bertemu di pusat bangun tersebut. Kubus adalah pusat dari segalanya. Kubus adalah rumah Allah pusat dari segala keberadaan makhuknya. Kubus mempunyai 6 sisi, yang secara bersamaan menunjukkan segala arah dan secara bersamaan pula menggambarkan ketiadaan arah. Menurut Dr. Ali Shariati, sesungguhnya lambang yang paling awal dari ketiadaan arah adalah Ka’bah.

“Timur dan Barat adalah kepunyaan Allah, kemanapun engkau menghadap sesungguhnya engkau menghadap Allah (Q.S. 2:115)

 

Kubus adalah bentuk 3 dimensi yang paling sederhana, menggambarkan perumpamaan dari kerendahan hati manusia,dan kekaguman manusia kepada keagungan Tuhan yang kemuliaannya tidak dapat digambarkan/dipahami oleh siapapun, walaupun lewat keindahan arsitektur manapun. Ya, Ka’bah adalah bangunan yang tidak mempunyai dekorasi indah, relief-relief unik, atau mozaik-mozaik yang tertata. Ka’bah adalah kubus yang kosong, di dalamnya tidak ada apapun. Kekosongan adalah makna yang paling dalam. Jika kita ingin bertemu Allah maka jiwa kita harus kosong dari segala macam kebendaan dunia. Hanya kekosongan sajalah yang dapat menuju Allah.

Mungkin ada jutaan makna lain yang belum terungkap tentang Ka’bah, bangunan yang dibangun oleh Nabi Ibrahim, istrinya Hajar dan anaknya Ismail 1.800 tahun sebelum Masehi.

Lalu apa hubungannya Ka’bah dengan kehidupan modern sekarang? Apalagi dikaitkan dengan perkembangan mental remaja kita?

Sebenarnya banyak sekali makna Ka’bah sebagai rumah Allah yang kita tarik ke dalam rumah-rumah keluarga kita. Ka’bah adalah pusat. Sudahkah anak-anak kita dibekali dengan tujuan hidup. Pusat adalah tujuan hidup yang akan kita raih. Bahasa lainnya  adalah GOAL SETTING. Coba kita sebagai orangtua tanyalah kepada anak-anak kita tentang GOAL SETTINGNYA? Pasti banyak yang belum tahu. Lalu untuk apa keberadaan mereka di sisi anda jika belum mengetahui tentang TUJUAN KEBERADAANNYA. Mungkin ada yang menyebutkan, namun astaghfirullah, mereka menyebut sebuah TUJUAN yang salah. Tujuan mereka malah menjauh dari ALLAH.

Umroh, sebagai liburan edukasi remaja dan orangtua yang kami disain, sangat kental dengan makna hidup mendalam. Dan harus ada PROYEK yang dibawa pulang setelah itu. Ada proyek yang nama IHRAM, ada proyek yang bernama KA’BAH dan lain-lain. Tentu sangat menyentuh emosional seorang makhluk yang bernama manusia. Kami mengajak anda untuk bergabung pada:

 

 

PROGRAM UMROH BY MULTIPLE INTELLIGENCE. Insya Allah pada:

 

Tanggal: 1 sampai 9 Juli 2011

Lokasi: 3 hari di Madinah, 4 hari di Mekkah

Peserta: siswa mulai SMP kelas 7 ke atas

Keterangan: Dapat didampingi oleh orangtua

 

Penjelasan lebih rinci dapat  menghubungi:

EXPEDIA TRAVEL: 021 80885137, 021 80885144, 081905381414, 081314009122

Email: expedia_line@yahoo.com

 

Selamat bergabung.

 

 


Categories

%d bloggers like this: