Posted by: munifchatib | June 1, 2011

AMAZING TRAINING, 4 HARI TAK TERASA! By Taupik Rachmat, mahasiswa GA – 4 Jakarta

Catatan harian Taupik Rachmat, kepala sekolah SMPIT Ruhul Jadid, Tangerang, Banten

17 Mei 2011

Di hari pertama ini, alhamdulillah saya :

  • Memahami dan mengetahui paradigma tentang kecerdasan yang terus berkembang
  • Mengetahui dan memahami pentingnya stimulus yang tepat untuk mengantarkan seseorang kepada kondisi terbaiknya.
  • Mengetahui tokoh-tokoh yang mencapai kondisi terbaiknya sesuai kecerdasannya masing-masing.

 

18 Mei 2011

Alhamdulillah, luar biasa saya lebih memahami kegunaan Multiple Intelligences Research (MIR), ditambah dengan beberapa kekurangan jenis tes yang lainnya. Ternyata, MIR ini berguna sekali untuk guru dalam membuat strategi pembelajaran. Untuk orang tua sangat bermanfaat untuk menjadi katalisator dan fasilitator yang bisa membantu melejitkan kecerdasan anak. Buat siswa yang mau melanjutkan ke perguruan tinggi, MIR bisa membantunya menentukan jurusan yang tepat.

Luar biasa lagi, 8 kecerdasan tersebut sudah disiapkan oleh Pak Munif dalam bentuk-bentuk proyek kreatif yang membuat penasaran dan ingin mencobanya begitu sampai di rumah dan sekolah. Rasanya ingin coba 1 anak dijadikan sample bulan ini. Insya Allah.

19 Mei 2011

Yes, sekolahnya manusia adalah sekolah kami di tahun pelajaran sekarang.luar biasa! Materi disain sekolahnya manusia memantik saya untuk bersegera me-redasain sekolah. Terus, cerita animals school itu cocok banget dengan realitas pendidikan di negeri ini, termasuk sekolah kami. Banyak potensi siswa yang terbunuh dengan kurikulum yang ada. Setelah pulang dari sini, rasanya ingin segera sharing dengan para guru untuk menjelaskan apa yang telah saya terima di kulaih GA ini.

20 Mei 2011

Amazing training…! 4 hari tidak terasa ikut GA. Rasanya ingin terus nambah harinya, karena setiap hari dapat materi, rasa ingin tahu mengejar hari-hari berikutnya.

Hari terakhir, materi tentang brain sangat dahsyat dan luar biasa, karena pendekatan pembelajaran yang sering dilakukan di sekolah untuk memori angka pendek. Sehingga konsep yang diterima akan cepat hilang. Ternyata kalau pembelajaran itu hasilnya awet dan selalu diingat harus berisi : survivor, emotional, relevance, dan rehearseal, baru hasilnya dahsyat.

Terus, simulasi lilin di lapangan, juga luar biasa hikmahnya karena pak Munif mengajarkan kepada kitabahwa masalah yang datang dari dalam dan luar ,tidak cukup hanya didefinisikan saja, tapi harus segera diselesaikan. Semoga nanti 6 bulan ini, janji pak Munif bahwa nanti sekolah kita bisa memiliki imunitas menghadapi masalah-masalah yang ada bisa terwujud.

Acara diskusi juga tidak kalah dahsyatnya, karena bisa memantik kreativitas dan ide-ide kita semua untuk menjawab masalah yang ada. Dari acara itu pula humor-humor segar muncul, yang menambah acara diskusi semakin asyik.

Informasi:

Ikuti Kuliah GUARDIAN ANGEL (GA) ANGKATAN 5 DI SURABAYA

Hubungi Abdul Kodir (ADI) DI 081330788222, 0318295222

 


Categories

%d bloggers like this: