Posted by: munifchatib | May 28, 2011

AKU HARUS JADI AGENT OF CHANGE By Rini Komalasari, mahasiswa GA – 4, Jakarta

Catatan harian Rini Komalasari, wakil kepala sekolah Lazuardi Karima, Jakarta

17 Mei 2011

Membuat saya :

  • Semakin memahami bahwa kecerdasan seseorang tidak dapat dibatasi dengan fisik, dll
  • Mendapatkan teori tentang multiple intelligences yang lebih komprehensif.

Problem :

  • Dalam aplikasi di sekolah masih agak sulit bila beberapa rekan masih belum satu visi, artinya perlu ada training untuk teman-teman yang baru.
  • Target orang tau biasanya anak harus bisa baca (mementingkan hasil akhir daripada prosesnya)

18 Mei 2011

Subhanallah saya mendapatkan sesuatu yang sangat luar biasa tentang Multiple Intelligences Research (MIR), baik manfaat , dan untuk guru, lembaga perusahaan, dan orang tua. Sendainya saja orang tua dan guru tahu teori dan manfaat MIR sejak saya kecil, maka saya akan menemukan kondisi akhir terbaik dari dulu dan beberapa kali. Insya Allah , saya kan menerapkan teori MIR dan manfaatnya sehingga dapat mencetak generasi yang berkualitas dengan kondisi akhir terbaiknya.

Terima kasih untuk semua ini pak Munif!

19 Mei 2011

Alhamdulillah hari ini saya semakin mantap dalam memahami MIR, karena saya dapat mengenali bagaimana proses belajar di sekolahnya manusia. Ada yang namanya/istilahnya desain kurikulum, agent of change, input penerimaan siswa baru, the best process, the best teachers, active learning, yang akhirnya siswa tidak hanya belajar dengan konsep saja tapi lebih pada pengaplikasiannya (applied learning). Tidak hanya itu, sekolah pun harus mempunyai managemen controls, dan selanjutnya ada yang namanya makhluk Multiple Intelligences System.

Tapi sebelum saya menjadi agent of change untuk orang lain, maka saya akan memulai untuk merubah paradigma saya sendiri, setelah itu menularkan untuk orang lain, dan akhirnya sama-sama dapat merubah wajah pendidikan bangsa Indonesia. Semangat!

20 Mei 2011

  • Subhanallah, saya hari ini menemukan lagi apa itu perbedaan modalitas belajar dan apa itu gaya belajar. Sebagai pendidik kita harus tahu tentang kedua hal tersebut. Karena dengan cara tersebut, kita dapat membidik kecerdasan anak dengan tepat.
  • Untuk menjadi gurunya manusia, kita harus terus belajar dan tahu bagaimana mengenal problem dan menyelesaikan problem tersebut.

Informasi:

Ikuti Kuliah GUARDIAN ANGEL (GA) ANGKATAN 5 DI SURABAYA

Hubungi Abdul Kodir (ADI) DI 081330788222, 0318295222


Categories

