Posted by: munifchatib | May 26, 2011

SEMUANYA BERAWAL DARI MIKRO By Mayasuri, mahasiswa GA – 4 Jakarta

Catatan harian Mayasuri, praktisi pendidikan, Medan, Sumatera Utara

17 Mei 2011

Dalam pengenalan materi pertama di hari pertama kuliah Guardian Angel angkatan ke-4 ini, saya menerima dan mempelajari banyak hal :

  • Ternyata banyaknya dan panjangnya sejarah kelahiran multiple intelligences
  • Teori-teori yang sudah digali /ditemukan sebelumnya, menyadarkan saya bahwa ilmu ini sangat menarik dan memberi warna. Bahwa ilmu ini masih bisa digali lebih dalam, sesuai dengan fitrah manusia yang terus berkembang dan berinovasi.
  • Membuat saya berpikir dan bercermin, betapa apabila hali ini (multiple itelligences) dipahami  dengan baik dan dikembangkan di dunia pendidikan Indonesia, tentu hasilnya akan sangat luar biasa. Dan menurut saya ini tidak tertutup Cuma di pendidikan, yang berbentuk institusi saja, tapi juga penting pendidikan yang pertama dan utama yaitu dari rumah.
  • Cita-cita : semoga bisa mewujudkan manusia generasi yang akan datang yang baik dan lebih baik.

18 Mei 2011

  • Setelah menerima penjelasan dari pak Munif mengenai Multiple Intelligences Research (MIR), sekarang setidaknya sudah terbuka pikiran saya tentang MIR yang dulu saya anggap misteri, apalagi pak Munif mengatakan bahwa kami akan mempelajarinya di masa yang akan datang.

Terus terang, saya ingin sekali mengikutkan anak saya tes MIR ini, karena saya ingin mengejar ketinggalan saya mengajar, mengasah, dan memfasilitasi kecerdasan majemuk anak saya (mengingat usianya sudah 10 tahun). Mudah-mudahan dengan proyek kreatif yang sudah diberikan oleh pak Munif, bisa saya jalankan untuk anak saya.

  • Saya sangat ingin tahu lebih mendalam tentang strategi pangajaran dan membuat lesson plan. Karena ini penting dan menurut saya agak sulit.

19 Mei 2011

Luar biasa !

Pelajaran hari ini telah banyak membuka permasalahan pendidikan di Indonesia, dengan segala permasalahan dan kewarna-warniannya. Yang selama ini sangat mengganggu pemikiran saya, yang membuat saya khawatir akan masa depan bangsa ini.

Tapi ternyata bukan hal itu yang menjadi solusi, kalau kita hanya fokus pada masalah. Saya sangat tergugah dengan perkataan pak Munif bahwa alangkah baik bila kita mulai dan konsisten di mikro. Insya Allah, akan menebarkan virus-virus positif yang akan saling bergabung menjadi makro. Insya Allah, akan menjadi penerang di jalan kegelapan belantara pendidikan Indonesia.

Betul , Pak, saya juga ikut, memilih untuk menjadi lilin-lilin kecil yang seberapa pun bisa menerangi di sekitarnya. Mudah-mudahan bisa membakar lilin-lilin lain, agar menjadi lebih terang.

Amiiin….Pak Munif, terima kasih.

20 Mei 2011

Aha  !

  • Di hari ini kami mendapat tugas menyalakan lilin dan menjaganya untuk tetap hidup. Analogi ini untuk menjaga dan menghidupkan multiple intelligences. Membuka mata hati saya akan tantangan yang akan menghadang. Dan detik ini juga saya menyadari kelemahan saya, yang ragu-ragu untuk bertindak. Ternyata insting pertama saya lebih benar…heheh..Mungkin saya harus lebih banyak melatih keberanian saya untuk mengambil keputusan dan bertindak.
  • The last but not least…(Absolutely not least). Simulasi menjadi “Menteri Pendidikan” sangat menarik, heboh, dan gempar! Membuat kita punya harapan akan impian yang insya Allah bisa dicapai. Amii..n….Amii..n….Yaa.. Robbal ‘alamiiin.

Informasi:

Ikuti Kuliah GUARDIAN ANGEL (GA) ANGKATAN 5 DI SURABAYA

Hubungi Abdul Kodir (ADI) DI 081330788222, 0318295222


Categories

