Posted by: munifchatib | May 24, 2011

SEKOLAH ADALAH DUNIAKU – AKU OPTIMIS By Gina Erwita, mahasiswa GA – 4 Jakarta

Catatan harian Gina Erwita, wakil kepala sekolah SDIT Mutiara Hati, Payakumbuh, Sumatera Barat

 

17 Mei 2011

Luar biasa, singkat dan banyak hal baru. Yang paling utama didapatkan adalah pergeseran paradigma untuk mendalaminya, bahwa setiap anak didik kita benar-benar cerdas. Sebelumnya saya yakin anak-anak didik saya cerdas tapi tidak begitu optimis dengan anak-anak berkebutuhan khusus. Saat ini saya menemukan pencerahan baru bahwa mereka bisa saja jauh lebih luar biasa dari anak normal. Dunia pendidikan bagi saya menjadi begitu menarik dan memicu antusias yang lebih besar, karena kecerdasn itu begitu dinamis. Walaupin saya punya sekolah, sebelumnya tidak 100% optimis akan totalitas di dunia ini. Tapi setelah ini saya merasa optimis bahwa ini adalah dunia saya dan takkan lari ke dunia yang lain lagi. Dalam pembelajaran, kita hanya media untuk anak menemukan kecerdasannya dan membantu mengembangkannya sampai mereka menemukan titik akhir terbaiknya.

 

18 Mei 2011

Lebih luar biasa lagi…Materi pak Munif hari ini bikin kepala saya lebih pusing lagi, karena jadi muncul lebih banyak ide yang ingin direalisasikan terutama tentang proyek-proyek kreatifnya.

Hanya menggelitik di hati saya untuk ikut di Multiple Intelligences Research juga. Hanya ingin memastikan kalau profesi yang saya pilih sekarang adalah profesi yang sesuai untuk saya. Meskipun saya sudah merasa yakin pada jalan ini. Saya rasa 2 hari ini PR saya lebih banyak dari diklat kepala sekolah yang lalu. Tapi saya semangat sekali karena saya merasa sejauh ini Multiple Intelligences adalah solusi kebingungan di sekolah selama ini. Tak ada jalan yang buntu, pasti ada jalan untuk setiap potensi anak berkembang.

19 Mei 2011

Dari pagi dicekoki materi disain global sekolahnya manusia. Setelah memahami 7 pilar sekolahnya manusia, rasanya makin penasaran untuk mengetahui lainnya. Terutama aplikasinya.

Satu hal yang menarik, saya jadi termotivasi untuk melakukan penelitian dalam pembelajaran dan pendidikan.karena masih banyak hal yang perlu kita pecahkan.

Sebuah diskusi yang menarik dan melebar jadi umum tentang dunia pendidikan tentang betapa kacaunya sistem pendidikan ini. Tapi , menarik kalimat pak Munif, “Mari kita benahi yang mikro-mikro ini, lalu patahkan keangkuhannya itu dengan fakta-fakta sekolah kita.” Ayo kita mulai dan benahi pendidikan Indonesia dari titik-titik kecil kita.

20 Mei 2011

Wow…saya paham tentang teori-teori otak lewat materi brain. Karena selama ini saya bingung tentang beda modalitas, gaya belajar, dan otak kiri+otak kanan. Meski belum selesai penjelasannya, tapi sudah mulai tercerahkan tentang point ini. Bulan depan sangat ditunggu-tunggu. Semoga bisa lebih luar biasa lagi.

Informasi:

Ikuti Kuliah GUARDIAN ANGEL (GA) ANGKATAN 5 DI SURABAYA

Hubungi Abdul Kodir (ADI) DI 081330788222, 0318295222


Categories

