Posted by: munifchatib | March 23, 2010

MERANCANG KEGIATAN KREATIF UNTUK ANAK

MERANCANG KEGIATAN KREATIF UNTUK ANAK
By Munif Chatib dan Siska Yunita Sari (Kepala PG-TK Al Khairiyah Condet Jakarta)

Sahabat saya bu Siska, kepala sekolah PG-TK Al Khairiyah di Condet Jakarta mengirim email kepada saya, melaporkan tentang pelaksanaan Quality Time. Isi emailnya sebagai berikut:

Salam.
Alhamdulillah kegiatan Quality Time yang diselenggarakan oleh TK Al Falah Al Khairiyah Jakarta pada hari Jumat tanggal 22 Januari 2010 yang mengambil tema “Merancang kegiatan kreatif untuk anak kita” berjalan dengan sukses. Peserta yang datang cukup banyak dan mereka dengan antusias menyimak materi yang diberikan oleh Ibu Gamar selaku konsultan di TK Al Falah Al Khairiyah Jakarta. Materi yang disampaikan dapat memberikan gambaran kepada orang tua dalam menemukan kegiatan praktis yang dapat memantik kreativitas dan kecerdasan anak yang disesuaikan dengan hasil Multiple Intelligence Research (MIR) mereka.

Hasil MIR dapat memberikan laporan psikologis perkembangan kecerdasan anak yang pada akhirnya dapat memberikan saran kepada guru dan orang tua untuk melakukan aktivitas-aktivitas kretif untuk melejitkan kecerdasan anak. Mudah-mudahan kegiatan rutin semacam Quality Time ini dapat terus dilaksanakan sebagai ajang bagi kita (orang tua) untuk menimba ilmu demi kemajuan buah hati kita tercinta.
Wassalam.

Menurut saya ada yang luar biasa dari email yang ditulis bu Siska, yaitu hasil MIR ternyata mampu memberi saran kepada orangtua untuk merancang kegiatan-kegiatan kreatif buat anak-anaknya. Saya mungkin sudah bertemu ribuan orangtua yang kebingungan melakukan komunikasi dan aktivitas terhadap anak-anaknya. Bahkan ketika mengikuti acara seminar di Solo, seorang trainer dari Singapura menawarkan kepada para orangtua untuk ikut pelatihan tentang merancang aktivitas kreatif untuk sang buah hati. Tentunya dengan biaya yang cukup mahal.

PG-TK Al Khairiyah memang konsisten mulai tahun ajaran baru ini akan menyelenggarakan MIR bagi siswa-siswa barunya. MIR sangat bermanfaat untuk guru, sebab dapat lebih mudah mengadakan ‘indivudual approach’ kepada siswanya, terutama siswa yang bermasalah. Bagi orangtua hasil MIR juga bermanfaat seperti yang sudah ditulis di atas.
Dan yang luar biasa di sekolah ini, ada acara Quality Time setiap bulannya, yaitu acara yang dikemas khusus untuk para walimurid dan orangtua siswa agar mampu menyelesaikan masalah-masalah psikologis anaknya di rumah. Dan juga mampu merancang aktivitas-aktivitas kreatif untuk sang buah hati agar tambah cerdas.

Walhasil, jangan katakan lagi, anda sebagai orangtua tidak tahu apa yang harus dilakukan bersama-sama dengan sang buah hati. Kegiatan kreatif yang positif. Ketika saya minta pendapat kepada beberapa orangtua yang sering merancang aktivitas ini, mereka menjawab:
“Alhamdulillah .. saya tambah semakin dekat dengan anak saya, dan praktis kebiasaan saya yang sering ngomel-ngomel kepada anak saya, mulai hilang. Bahkan nakalnya anak saya sepertinya tersalurkan pada aktivitas yang saya rancang untuk dia.”

Alamat PG-TK AL FALAH AL KHAIRIYAH JAKARTA
Batu Kinyang III RT.06/04 Gg. Asem Condet – Jakarta Timur Telp.021-8001352

About these ads

Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 111 other followers

%d bloggers like this: