Posted by: munifchatib | July 22, 2008

Munif Chatib, Mutiara dari Sidoarjo

Pasti ada sesuatu yang istimewa sampai-sampai seorang Neno Warisman memberi julukan kepadanya ”Sang Mutiara dari Sidoarjo”.

”Alhamdulillah akhirnya saya bertemu dengan seseorang yang akan membawa paradigma baru pendidikan di negeri ini. Ayo Pak Munif … kita bersama untuk terus berupaya mencerdaskan bangsa yang tengah terpuruk di segala bidang ini …, ” ceramah Bunda Neno Warisman dengan semangat mengebu-gebu di SMP YIMI Gresik di depan 600 masyarakat Gresik tahun lalu.

Siapakah Munif Chatib? Bagaimana banyak orang terpana mendengar ide-ide barunya tentang pendidikan? Dan yang cukup mengejutkan, dengan tangan dinginnya mampu mendisain sebuah sekolah yang terbelakang dan bermutu rendah dalam waktu singkat berubah menjadi sekolah yang unggul dan mendapat kepercayaan masyarakat. Bagaimana kinerjanya sebagai Direktur Lembaga Pendidikan YIMI Gresik ini?

Ketertarikannya di dunia pendidikan di awali ketika masih di bangku SMA. Meskipun masih berstatus siswa kelas 3, beliau ikut membantu gurunya memberi bimbingan belajar kepada teman-temannya. Namun menurut bapak yang mempunyai seorang putri yang sudah duduk dikelas 1 SMP ini mengatakan bahwa, meskipun ia suka mengajar namun waktu itu tidak ada orang yang mengarahkan untuk jenjang S1 nya, sehingga beliau merasa salah jurusan.

“Saya masuk di fakultas Hukum Universitas Brawijaya Malang, dan tahun pertama saya seperti masuk ke dunia lain,” kenang bapak yang senang menulis puisi. Karena itulah beliau tidak begitu tertarik pada dunia hukum, seperti menjadi hakim, jaksa atau pengacara, meskipun profesi pengacara pernah dijalaninya pada tahun pertama kelulusannya menjadi sarjana hukum. Namun hatinya lebih mantap menjadi pengajar. Dan pada tahun 1992 sebelum diwisuda beliau dipercayakan untuk menjadi seorang asisten dosen di fakultas hukum sebuah universitas baru di Sidoarjo. Namun malang, hanya 1 bulan, beliau dikeluarkan dari kampus tersebut karena mengkritik dosennya dalam memberikan kuliah yang monoton dan menjemukan.

Pengalaman pertama bekerja dirasakan benar pada saat tahun 1993 bergabung dengan perusahaan asing di Jakarta selama dua tahun. Sempat memimpin sebuah lembaga pendidikan komputer dan bahasa Inggris di Jakarta, akhirnya diminta oleh Universitas Nasional Jakarta untuk menjadi pengajar di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik. Dan pada tahun 1998 sampai 1999 telah menyelesaikan studi dengan Distance Learning di Supercamp Oceanside California USA yang dipimpin oleh Bobby de Porter. Dari 73 lulusan alumni pertama tersebut, beliau menduduki rangking 5 dan satu-satunya lulusan dari Indonesia. Tesisnya, ”Islamic Quantum Learning”, cukup menggemparkan dan sampai sekarang dijadikan referensi yang diminati di Supercamp.

“Islamic Quantum Learning adalah kritik tentang penokohan fiktif yang dikembangkan oleh Bobby de Porter. Dan sepertinya saya menemukan hal yang luar biasa, yaitu ternyata mereka mengakui bahwa nilai-nilai Islam adalah nilai-nilai terbaik dalam penerapan penokohan dan character building yang diajarkan di sekolah-sekolah. Seperti seorang menimba air dari dalam sumur. Air sumur itu adalah nilai Islam dan mereka menyedotnya dengan mesin yang canggih. Sedangkan kita di Indonesia atau di sekolah-sekolah Islam mengambil air itu dengan timba bocor. Inilah kelemahan kita yaitu terletak pada metodologi,” ujar Munif Chatib yang selalu yakin bahwa sekolah Islam mestinya dapat menjadi sekolah terbaik dan unggul.

“Namun bagaimanapun juga saya harus berterima kasih kepada semua guru saya yang sudah memberikan banyak ilmu dengan metodologi yang canggih. Bobby de Poerter beserta teamnya, dan beberapa direktur stakeholder Supercamp, termasuk terima kasih saya kepada DR. Howard Gardner yang membimbing saya dalam menyelesaikan pekerjaan maha berat, yaitu Multiple Intelligence Research untuk diterapkan di Indonesia,” cerita Munif Chatib yang sampai tahun 2007 ini sudah menyelesaikan lebih dari 12.000 responden dalam melakukan Multiple Intelligence Research diberbagai kota di Indonesia.

Ada hal menarik dari intisari hasil belajarnya tersebut dan dikemas dalam sebuah rumus yang cukup mengagetkan banyak orang, yaitu sebuah rumus untuk sekolah unggul. Sekolah unggul menurut beliau adalah sekolah yang memandang tidak ada siswa yang bodoh dan semua siswanya merasakan tidak ada pelajaran satupun yang sulit.

“Coba anda bayangkan betapa cantiknya sebuah proses belajar dalam sebuah kelas apabila guru memandang semua siswanya pandai dan cerdas dan para siswanya merasakan semua pelajaran yang diajarkan mudah dan menarik. Kelas tersebut akan hidup. Keluar dari kelas tersebut, semua siswa mendapatkan pengalaman pertama yang luar biasa dan tak akan pernah lupa seumur hidup. Coba anda bayangkan … bila kelas seperti itu terjadi pada jutaan kelas di sekolah-sekolah di Indonesia. Pasti negara ini akan menjadi negara maju yang diperhitungkan oleh dunia,” kata Munif Chatib yang merasa banyak mendapat tantangan untuk mengangkat YIMI menjadi lembaga pendidikan unggul dan diperhitungkan di Gresik.

Menurut Munif Chatib, YIMI adalah tantangan terberatnya. “Alhamdulillah dengan kerjasama yang baik antara personel yayasan, kepala sekolah dan para guru, sekolah ini dalam waktu satu tahun cukup mendapat kepercayaan masyarakat. Ini adalah keberhasilan kolektif, ” ucapan syukur beliau.

Pesan yang cukup perlu diperhatikan dari seorang yang selalu bersemangat dalam bekerja ini adalah:

“Setiap sekolah dimanapun dengan kualitas apapun, para siswanya adalah amanah yang perlu dijaga. Dan orang yang paling bertanggungjawab adalah para guru. Sekolah unggul adalah sekolah yang mempunyai guru profesional. Dan penyelenggara sekolah yang profesional adalah yang selalu memikirkan kesejahteraan para gurunya.”


PROFILE:

Nama: Munif Chatib

Pendidikan:

  • Sarjana Hukum, lulus tahun 1992 di Universitas Brawijaya Malang
  • Lulusan DL Supercamp California - USA tahun 1999

Pekerjaan:

  • Direktur Lembaga pendidikan YIMI Gresik 2003 sampai sekarang
  • Praktisi dan Profesional di bidang Manajemen Pendidikan
  • Konsultan dan Pelatihan Pendidikan di:

o Lembaga Pendidikan Islam YIMI Gresik, 2003 – sekarang

o Lembaga Pendidikan Mutiara Ilmu Bangil tahun 2004 – sekarang

o Dinas Kabupaten Sidoarjo

o Dinas kabupaten Pasuruan

o Dinas Kabupaten Bondowoso

o Lembaga Pendidikan Muhammadiyah Sidoarjo

o Uhamka Jakarta

o Cakra Buana School Depok

o Lembaga Pendidikan YIMA Bondowoso

Penelitian :

  • Penelitian Multiple Intelligence Research pada setiap jenjang pendidikan TK, SD, SMP dan SMA, tahun 2000 – sekarang
  • Penelitian Permasalahan Guru Mengajar dengan KBK, tahun 2002-2003
  • Penelitian Kualitas Soal dalam UNAS, tahun 2005
  • Peneliltian Efektifitas PR di Sekolah SD, SMP dan SMA, tahun 2006

Karya Tulis:

  • Islamic Quantum Learning
  • Multiple Intelligence System
  • Riset Pendidikan dengan Multiple Intelligence
  • Reformasi Sekolah
  • KBK, masalah dan solusinya
  • Kritik sertifikasi pra kinerja pada UU Guru dan Dosen
  • Competence and Benefit System, solusi polemik UNAS
  • Character Building sebagai bidang studi
  • Doors Curriculum System

About these ads

Responses

  1. salam

    wah ko tulisannya cuma beberapa doang….
    sudah ditinggalkan kah blog ini ma pemiliknya….?

    tpi tulisannya bagus
    salut…..
    pak
    wasalam

  2. Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh
    Saya sangat senang dengan ide – ide Pak Munif tentang pendidikan, saya ingin memiliki tulisan – tulisan Bapak, bisakah di berikan judul bukunya Pak? agar saya bisa nencarinya di gramedia di jakarta secepatnya, karena saya juga seorang pendidik dan kelak saya ingin mendidik anak saya dengan baik, jadi saya sangat membutuhkan buku referensi yang bagus untuk kedapan,.
    Jazakallah khairan katsiran atas perhatiannya, semoga Allh selalu memberikan berkah dan rahmatNya kepada Bapak dan keluarga, Amin
    Wassalamualaikum Warahmatullah Wabarakauh

  3. assalamu alaikum wr.wb apa kabar ustadz? mudah-mudahan selalu dalam lindungan Allah SWt, ustadz kapan silaturahim ke sekolah kami lagi? kami kangen dengan ide ide cemerlang bapak. wass guru sekolah aljannah

    • Salam.
      Insyallah pada pertengahan Februari 2009 saya berkunjung ke Al Jannah. Sampai ketemu lagi.

  4. Assalamualaikum ustadz,
    Apa kabar?
    Semoga perjuangan ustadz selalu mendapatkan kemudahan dan kelancaran
    tetap SEMANGAAAAT
    KEEP THE FIGHT, ALLAH BLESS U

  5. Ass. Pak saya tertarik dg profil Bpk & Yimi. Saya wanita muslim 33th S1 Psi punya pengalaman bekerja sbg kep. sdm,trainer & konselor di perusahaan besar 6 th. Apakah sy bs bergabung dlm lembaga pendidikan Bpk utk mendukung upaya progresif d YIMI?

  6. Luar biasa. Saya merasa mengikuti pelatihan yang diadakan di Lazuardi, Cinere, bersama Pak Munif, banyak mendapatkan pencerahan, banjir teori mengajar dan semangat baru. Bravo.

    • Terima kasih … semoga teman-teman guru di Lazuardi tidak berhenti untuk terus belajar. Bravi

  7. Salamualaikum,
    Apa kabar Pak Munif? Bagaimana buku anda sudah jadi? Dimana saya bisa dapat? Thanks.

    • Salam. Kata penerbitnya Insyaallah April ini. Sinopsis singkatnya bisa di buka di mizan.com

  8. Assalamu’alaikum. Apa kabar Pak Munif? Moga selalu dalam lindungan Allah SWT. Kapan ada pelatihan untuk program hafalan al-Quran? Katanya bulan Maret? (aprilianto_al-Jannah_jakarta)

    • Waalaikum salam… ya … sekarang sedang dalam proses, insyaallah al jannah akan dikabari secara resmi.

  9. Assalamualaikum,

    Saya terkesan sewaktu mengikuti seminar MI di SDIT Buah Hati, bahwa putri bapak sedini mungkin sudah terlihat bakat untuk tulis menulis. Saya memiliki putra 7 tahun, bisakah bapak sharing or tips& trik agar saya bisa mendeteksi sejak dini di bidang apa bakat anak saya ?

    Wassalam,

    • Salam. Terima kasih Pak Thorig, untuk mendeteksi bakat dan multiple intelligence anak, kita sudah punya alat risetnya, yaitu MIR, hubungi Pak Fardan kepala sekolah SD BUAH HATI.

  10. Assalamualaikum ustadz,
    Apa kabar?
    Semoga perjuangan ustadz selalu mendapatkan kemudahan dan kelancaran, tetap SEMANGAAAAT
    Zeid Muhammad bondowoso

    • Keberhasilan adalah berkat usaha kolektif bukan perorangan. Semoga teman-teman dari Bondowoso tetap bisa menjalin kerja yang baik untuk terus berlangsungnya sebuah sekolah yang profesional. Amieen

  11. Ass. maturnuwun ustadz atas pelatihan 1 hari jadi jeniusnya di next office juga lunch nya di CFC. semoga ketemu di GA training. Tetap semangat!!!
    salam

  12. YTH Bapak Munif,

    Terkesan sungguh saya dengan Bapak setelah membaca blog Bunda Kirana di Multiply yang kemudian menjadikan saya hinggap membaca di blog Bapak.

    Ada satu pertanyaan dari saya, apakah anak yang homeschool bisa mengikuti MIR ? Tujuannya adalah agar saya dan asisten saya dapat lebih paham apa dan bagaimana tipikal anak saya dan cara belajar yang tepat untuk anak saya.

    ** anak saya baru 2 tahun 8 bulan.

    Terima kasih atas kesediaan Bapak membaca pertanyaan saya dan insya Allah akan menjawabnya.

    Wassalam,
    Dinar Ardanti

    • Salam, Kunjungi website saya di website http://www.munifchatib.com yang mana di dalamnya ada ruangan untuk konsultasi lewat email. Juga artikel-artikel tentang pendidikan anak, orangtua dan manajemen sekolah dan laporan aktivitas saya mengkampanyekan konsep SEKOLAHNYA MANUSIA seantero Indonesia dan luar negeri dapat dinikmati. Semoga info ini bermanfaat. Terima kasih.

  13. Assalamu’alaikum Wr Wb,

    Saya baru saja tahu mengenai NEXT dari Mbak Dina, di blognya di Multiply.
    Jadi tertarik ingin tahu banyak. Selama ini saya hanya tahu sedikit tentang MI dari tulisan-tulisan di majalah Parenting Guide.

    Apakah bapak ada rencana mau mengadakan seminar atau kunjungan ke Jakarta?

    Kalau bisa ingin konsultasi nih… dan malah kalau bisa anak saya di test sekalian.

    Wasalamu’alaikum Wr Wb.

    Intan

    • Informasi workshop dan seminar bisa di lihat di facebook saya :
      1. Munif Chatib
      2. Munif Chatib Full I
      3. Munf Chatib Full II
      Atau di pages saya Munif Chatib dan Multiple Intelegence
      dapatkan artikel saya di websitehttp://www.munifchatib.com di dalamnya terdapat banyak hal mengenai pendidikan anak, orangtua dan manajemen sekolah dan laporan aktivitas saya mengkampanyekan konsep SEKOLAHNYA MANUSIA seantero Indonesia dan luar negeri dapat dinikmati. Semoga info ini bermanfaat.
      Terima Kasih

  14. ass pak munif, saya ima mahasiswa unj yg sedang menyusun skripsi, sy jg mengajar di TK YARSI jakarta pusat. beberapa bulan yang lalu bpk pernah menjadi narasumber di sekolah sy mengenai metode MIR yg bpk buat. sy terkesan sekali dg penjelasan yg bpk berikan. kebetulan judul skripsi sy berhubungan dengan kecerdasan visual spasial, ada beberapa pertanyaan mengenai kecerdasan tsb, terutama ttg indikator kecerdasan visual spasial. bagaimana caranya agar sy bs menanyakannya lebih jauh kpd bpk? trims banyak sebelum dan sesudahnya.

    • kunjungi website saya di http://www.munifchatib.com yang mana di dalamnya ada ruangan untuk konsultasi lewat email. Juga artikel-artikel tentang pendidikan anak, orangtua dan manajemen sekolah dan laporan aktivitas saya mengkampanyekan konsep SEKOLAHNYA MANUSIA seantero Indonesia dan luar negeri dapat dinikmati. Semoga info ini bermanfaat. Terima kasih.

  15. Assalamu ‘Alaikum Wr Wb
    Alhamdulillah, baru nemu blognya
    Ustadz, kapan datang ke SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo lagi ? Sambil bedah buku barunya ….
    Kawan-kawan sudah kuangen berat neh…..
    masih di Sekardangan ? mau men ke sana ada waktu untuk saya? kapan-kapan bisa ikut nyantrik ketika ngisi pelatihan, Boleh ?
    Wassalam, salam hormat, dari muridmu……
    Rofiq, Guru Fisika “otak kanan”

  16. hohohohoh
    ternyata omQ cukup beken juga
    semangat baba unip terus wujudkan mimpimu buat pendidikan di negeri ini….

  17. Kami sangat tertarik dengan keberhasilan bapak di dunia pendidikan dan kami saat ini tengah berencana untuk merefresh guru kami di Pondok Pesantren As’ad Jambi khususnya dibidang meode pengajaran.
    Bagaimana proses untuk menghadirkan Bapak sebagai pembicara ???
    mohon jawaban.

    • salam, silahkan untuk informasi lebih lanjut hubungi Bapak Adi di nmer : 081330788222
      terima kasih


Categories

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 116 other followers

%d bloggers like this: